Selasa, 20 Desember 2011

PERJALANAN BACKPACKERS

-->
PERJALANAN BACKPACKERS KE MACAU, HONGKONG, DAN SHENZHEN (BAGIAN TERAKHIR) 


Tepat pukul 12.00 kami checkout dari Hostel Mapple Leaf, terus menuju ke stasiun East Tsim Sha Tsui dengan jalan kaki yang jaraknya lumayan jauh.  Yah hitung-hitung untuk membakar lemak, agar sedikit langsing.  Posisi stasiun Hunghom merupakan pemberhentian berikutnya dari  stasiun East Tsim Sha Tsui. Dari Hunghom statiun, kami berganti kereta KCR (Kowloon-Canton Railway) menuju ke stasiun Lowu sebagai stasiun terakhir (terminus) untuk menuju ke Shenzhen.  Perjalanan menuju Senzhen ditempuh sekitar satu jam.  Berbeda dengan lintas MTR di Hongkong yang bisa melalui jalur bawah tanah atau bawah laut, maka untuk lintas kereta menuju Senzhen banyak di permukaan daratan, sehingga bisa melihat pemandangan di sekitar lintasan kereta dengan baik. 

Sabtu, 10 Desember 2011

THRUST AUGMENTATION

 




THRUST AUGMENTATION ( PEMBESARAN THRUST)





Pembesaran thrust pada turbojet engine sangat diperlukan dalam kondisi tertentu, antara lain pada saat tinggal landas pada cuaca panas  atau untuk kepentingan manoeuvre bagi pesawat tempur.  Besarnya  thrust pada jet engine ditentukan oleh jumlah laju massa udara yang dihisap kompresor (m), kecepatan aliran gas hasil pembakaran yang disemburkan dari nosel (Cj), dan kecepatan udara masuk melalui inlet nozzle (Ca),  yang bisa dinyatakan :

F = m (Cj - Ca)

Turbojet engine merupakan mesin konversi energi yang merubah energi panas menjadi thrust.  Berdasarkan rumus thrust,  besarnya Cj dipengaruhi oleh suhu maksimum yang dihasilkan dalam siklus turbojet engine.  Semakin tinggi suhu maksimum berarti semakin besar harga Cj. Oleh karena itu salah satu cara memperbesar thrust pada turbojet engine dengan cara meningkatkan suhu maksimum pada siklus engine.  Cara lain dalam meningkatkan thrust sesuai rumus di atas adalah dengan memperbesar laju aliran massa (m). Pesawat yang mampu menghasilkan thrust yang besar akan memperpendek jarak take-off,  laju terbang menanjak yang tinggi (high climb rate), dan mampu manoeuvre dengan lincah khususnya untuk pesawat militer.  Berdasarkan penjelasan di atas, maka ada 3 cara pembesaran thrust dalam turbojet engine, yaitu menggunakan afterburner, water injection, dan bleedoff.